Selamat datang di situs WordNet bahasa Indonesia!

WordNet (http://wordnet.princeton.edu) merupakan sebuah database kamus bahasa Inggris yang dikembangkan oleh Princeton University. Perbedaan antara WordNet dengan kamus bahasa pada umumnya adalah kamus bahasa memfokuskan pada kata sedangkan WordNet memfokuskan diri kepada makna kata. Satu makna dalam WordNet dapat dinyatakan dengan synset (synonym set), yaitu kumpulan kata yang merepresentasikan suatu makna. Selain dari representasi makna, di dalam WordNet juga terdapat relasi/hubungan antar makna seperti hipernim, hiponim, holonim, meronim, dll.

WordNet bahasa Indonesia merupakan sebuah database yang dikembangkan oleh Lab Information Retrieval Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Pengembangan WordNet bahasa Indonesia menggunakan pendekatan expand approach sehingga struktur dari WordNet bahasa Indonesia menyerupai struktur dari WordNet yang dikemabangkan oleh Princeton University. Saat ini, WordNet bahasa Indonesia mempunyai 1203 synset (synonym set) dan 1659 kata unik di dalamnya. Jumlah relasi semantik yang dapat dibuat dari synset yang ada mencapai 2261 relasi.

Situs ini merupakan aplikasi web-based dari WordNet bahasa Indonesia. Untuk memulai, silakan anda memilih menu 'cari kata dalam bahasa Indonesia' dan masukkan kata yang anda cari pada field yang sudah disediakan.



Terima kasih,
Admin WordNet bahasa Indonesia