indonesian • english

Aplikasi Web

Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Kamus Besar Bahasa Indonesia atau yang lebih dikenal dengan KBBI adalah kamus resmi bahasa Indonesia yang disusun oleh Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa dan diterbitkan oleh Balai Pustaka. Kamus ini menjadi acuan tertinggi bahasa Indonesia yang baku. Situs ini merupakan kamus elektronik, yang berisi penjelasan mengenai kata-kata bahasa Indonesia beserta kata-turunan, frase dan informasi lainnya. Dikembangkan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia dan Pusat Pengembangan Bahasa, Tahun 1995.

Wordnet Bahasa Indonesia.
WordNet Bahasa Indonesia merupakan sebuah database yang dikembangkan oleh Lab Information Retrieval Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Pengembangan WordNet bahasa Indonesia menggunakan pendekatan expand approach sehingga struktur dari WordNet bahasa Indonesia menyerupai struktur dari WordNet yang dikembangkan oleh Princeton University. Saat ini, WordNet bahasa Indonesia mempunyai 1203 synset (synonym set) dan 1659 kata unik di dalamnya. Jumlah relasi semantik yang dapat dibuat dari synset yang ada mencapai 2261 relasi.

Sistem Penerjemah Suara Otomatis.
Sistem Penerjemah Suara Otomatis merupakan sebuah sistem yang dikembangkan oleh Laboratorium Perolehan Informasi Fasilkom UI. Sistem ini merupakan sebuah sistem yang menerjemahkan suara dalam suatu bahasa ke suara dalam bahasa yang lain. Sistem yang dibangun merupakan aplikasi yang menerjemahkan suara dalam Bahasa Indonesia ke suara dalam Bahasa Inggris. Untuk saat ini, sistem yang dikembangkan sudah sampai pada tahap penerjemahan, yaitu ketika ada suara masukan dalam Bahasa Indonesia, suara tersebut akan dikenali dan diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris.

Corpus Repository.
Corpus Repository Project merupakan sebuah aplikasi web-based yang dikembangkan sebagai media penyimpanan corpus dalam bahasa Indonesia. Definisi corpus di sini tidak hanya terbatas dalam bentuk teks saja, tetapi juga untuk corpus audio, video, dll.

Pengumpul Berita.
Pengumpul berita merupakan sebuah sistem yang mengumpulkan berita dari beberapa media online, seperti Kompas, Detik dll. Sistem ini akan menampilkan berita hari ini dan bisa juga mengambil kumpulan berita beberapa hari yang telah lewat.